STKIP Invada Siap Terapkan Blanded Learning

Cirebon – Mulai semester ini tahun akademik 2020/2021 STKIP Invada siap menerapkan blanded learning atau pembelajaran campuran. Blanded learning merupakan model pembelajaran yang memadukan antara tatap muka dan daring. Hal ini merupakan salah satu upaya STKIP Invada pada era kenormalan baru.

Wakil ketua 1 bidang akademik Metta Mariam, S.Kom., M.Pd mengatakan pelakasanaan program ini karena kondisi saat ini yang masih belum normal terkait pandemi covid-19. “Kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan pada tahun ajaran ini yaitu blanded learning, ada shift synchronous dan unsynchronous. Untuk pembagiannya ada jadwal jadwal tersendiri bagi semseter III, V, dan VII baik kelas regular maupun karyawan. Tentunya hal ini  diusahakan  tidak bergerombol dan tetap menerapkan protokol kesehatan”

Sementara untuk kegiatan praktek, tetap dilakukan secara tatap muka. Hal ini mempertimbangkan beberapa hal sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ada di STKIP Invada “Sesuai dengan arahan dari kementrian sendiri untuk praktek diberikan kelonggaran tergantung dari Lembaga atau jenis prakteknya. Oleh karena ini, kegiatan praktek diharapkan tatap muka apalagi jurusan komputer ada yang harus diaplikasikan secara langsung. Apabila dilakukan secara daring dikhawatirkan mahasiswa akan salah pemahaman. Jadi untuk praktek kemungkinan dilakukan full tatap muka dan tetap menerapkan protokol kesehatan dan berjarak”, tegasnya

Sementara Ketua STKIP Invada Endang Pujiastuti, M.M berharap dengan menerapkan sistem pembelajaran campuran mahasiwa dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh dosen  sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Dengan penemrapan sistem pembelajaran ini, mahasiswa menanggapi sangat antusias karena belajar dari semester sebelumnya yang dilakukan secara daring dinilai kurang efektif sehingga dengan adanya metode ini, mahasiswa dapat memahami materi perkuliahan dengan baik (int).